Jumat, 18 September 2015

Cara Perawatan dan Pemeliharaan peralatan kantor

PERAWATAN PERALATAN KANTOR



1. Cara Perawatan Mesin Printer



1.  Buka bagian yang dapat dilepas dari printer dan bersihkan bagian dalam dengan kain kering bersih.
2.  Periksa spesifikasi pada berat dan ukuran kertas. Pastikan bahwa kertas yang Anda gunakan tidak melebihi berat yang direkomendasikan dan ukuran. Berat kertas menunjukkan ketebalan kertas dan dapat ditemukan pada kemasan pabrik.
3.  Hapus semua kertas yang macet sepenuhnya.
4.  Ubah tinta yang diperlukan. Buka bagian atas printer dan keluarkan kartrid tinta. Spesifikasi harus dicetak di samping untuk membantu Anda memesan kartrid lain dari toko kantor lokal ritel Anda atau pemasok. Jika Anda tidak dapat menemukan kartrid tinta, mengacu pada pedoman produsen di manual printer.




2. Cara merawat mesin Laminating




 1 . Untuk menghindari lengket dari mesin 

Jika sedang melaminasi dokumen, panas pada rol mesin mencair perekat dari kantong laminating. perekat tersebut bisa membantu mengikat kantong untuk dokumen yang akan di laminasi. Sebagai perekat dilebur saat proses laminasi, sangat mungkin bahwa sebagian dari cairan  akan keluar dari kantong laminating pada rol mesin, yang dapat mempengaruhi kinerja, tetapi tampilan dokumen yang di laminasi . Namun, kita bisa menghindari gangguan hal ini terjadi, dengan cara menempel item dalam carrier.

 2.  Untuk mencegah kemacetan.

cara termudah agar mesin laminating ini tidak mudah macet maka dapat digunakan cara yaitu dengan selalu menggunakan carrier pada saat laminasi.
cara ini sangat baik untuk mencegah kemacetan pada mesin laminating.

3. Cara merawat mesin fotocopy

1. Bersihkan regist roll

Untuk mesin tipe tertentu bersihkan regist roll dengan kain kering, apabila wire corona (baik bagian atas maupun bagian bawah) sudah kelihatan berwarna hitam sebaiknya segera diganti agar hasil cetaknya tetap terjaga.

2. Bersihkan drum

Bersihkan permukaan drum secara berkala menggunakan sampolly atau alkohol, hati-hati jangan sampai tergores atau cacat.

3. Gunakan tinta berkualitas

Penggunaan tinta yang berkualitas sesuai type mesin akan menghasilkan kualitas cetak yang baik dan memperpanjang usia drum.

4. Bersihkan kuku-kuku

Bersihkan kuku-kuku (clow) secara berkala agar kertas tidak nyangkut.

5. Bersihkan kaca

Bersihkan platen glas (kaca) dan miror (kaca kecil) menggunakan lap basah dengan alkohol 90%. Noda yang menempel pada kaca akan mengakibatkan hasil cetak fotocopy menjadi kotor dan bernoda. Pastikan tangan anda dalam keadaan bersih.

6. Hindari penggunaan kertas tebal

Sebisa mungkin hindari penggunaan kertas yang tebal, terutama dari bagian samping karena bisa mengakibatkan kerusakan pada permukaan drum.


7. Bersihkan bagian luar mesin fotocopy

Lap bagian luar mesin fotocopy agar terbebas dari debu dan kotoran. Jauhkan sampah dan makanan serta benda-benda kecil seperti isi staples, paku payung atau klip agar tidak masuk/jatuh ke dalam 
 mesin fotocopy.




4. cara merawat mesin LCD Projector


  1. Bersihkan lensa LCD projector dengan cara mengelapnya dengan kain halus yang sudah dibasahi oleh sedikit alkohol berkonsentrat rendah. Jangan gunakan tisu kertas untuk melakukan hal ini karena tisu kertas akan mudah merusak lensa proyektor.

  2. Tunggu hingga proyektor benar-benar dingin sebelum mencabut kabelnya dan menyimpannya. Langkah ini akan membuat lampu proyektor menjadi lebih awet.

  3. Hindari menggunakan proyektor di dekat sumber panas, seperti mesin komputer yang menyala, atau terkena langsung sinar matahari, karena hal ini akan membuat proyektor menjadi lebih mudah panas.

  4. Jalankan proyektor di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang bagus. Jangan menyalakan proyektor di dekat tembok, atau menyimpannya di tempat tertutup dalam kondisi menyala, karena akan menyebabkan proyektor cepat panas dan merusak komponen-komponennya.

  5. Bila sudah selesai digunakan, simpan proyektor di kotak/dus aslinya, karena kotak tersebut memang benar-benar dirancang untuk penyimpanan proyektor. Simpan juga proyektor di tempat yang kering dan sejuk untuk menjamin keawetannya.

  6. Usahakan agar proyektor tidak terkena asap, air, debu, atau kondisi yang lembab. Karena akan mudah sekali merusak lampu proyektor.

Dengan mengetahui cara-cara merawat mesin dan peralatan kantor lainnya, belum lengkap jika kita tidak mengetahui pengertian dari masing-masing peralatan kantor tersebut Gambar alat-alat kantor dan Pengertiannya Lengkap Gambar alat-alat kantor dan Pengertiannya Lengkap

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung di Yesy Blog. Semoga bermanfaat.
Mohon Tinggalkan kritik dan saran jika berkenan.