KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN BEBERAPA TATA RUANG KANTOR
1. Tata Ruang Kantor Berpanorama (Landscape Office)
Tata ruang kantor berpanorama adalah tata ruang kantor yang dihiasi oleh taman, dekorasi, dan hiasan lainnya. Bentuk ruangan ini bertujuan agar tampilan kantor menjadi nyaman selayaknya diluar ruangan.Keuntungan tata ruang kantor berpanorama adalah sebagai berikut:
1.Tidak membutuhkan pencahayaan tinggi karena desain ini juga menggunakan penerangan dari alam.
2.Pemandangan kantor terlihat segar dan hijau.
3.Pegawai merasa nyaman dan betah bekerja di dalam ruangan.
4.Produktivitas kerja meningkat, karena pekerjaan dilaksanakan dengan efisien.
5.Udara menjadi lebih segar, serta suplai oksigen semakin banyak.
kerugian tata ruang kantor berpanorama adalah sebagai berikut:
1.Konsentrasi berkurang ketika terjadi sesuatu hal yang aneh diluar ruangan.
2.Membutuhkan tenaga ahli dalam perancangan tata ruang kantor.
3.Biaya pembuatannya tinggi
2.Tata Ruang Kantor Gabungan (Mixed Office)
Tata ruang kantor gabungan berarti gabungan antara ketiga bentuk tata ruang sebelumnya. Penggunaan tata ruang kantor ini perlu dipertimbangkan untuk meminimalkan kerugian dan memanfaatkan keuntungan dari ketiga tata ruang sebelumnya.3. Tata Ruang Kantor Berkamar (Cubical Type Office)
Tata ruang berkamar adalah tata ruang untuk bekerja yang dipisahkan menggunakan sekat/kamar-kamar.Sekat tersebut dapat terbuat dari kayu maupun tembok atau benda keras lainnya.
Tata ruang berkamar juga sering disebut tata ruang tertutup.
Keuntungan tata ruang bersekat atau berkamar ini antara lain adalah sebagai berikut:
1.Pekerja menjadi lebih konsentrasi
2.Rahasia pekerjaan lebih terjamin, baik dari segi pembuatan dokumen,
pembicaraan maupun aset lainnya yang disimpan seorang pegawai.
3.Meningkatkan kewibawaan pekerja karena bekerja di dalam suatu ruangan tersendiri.
Terasa lebih menghargai tamu.
kerugian tata ruang kantor bersekat adalah sebagai berikut:
1.Biaya yang dikeluarkan untuk membuat tata ruang berkamar lebih besar ketimbang membuat tata ruang kantor terbuka, karena perlu membuat sekat-sekat kamar setiap ruangannya.
Membutuhkan ruangan kantor yang lebih luas.
2.Penggunaan ruangan kurang fleksibel.
3.Komunikasi antar pegawai menjadi terhambat karena ada sekat pemisah antara satu pegawai dengan pegawai lainnya.
4. Tata Ruang Kantor Terbuka (Open Plan Office)
Tata ruang kantor terbuka merupakan pengaturan tata ruang kantor dengan menggunakan sebuah ruangan besar untuk bekerja yang ditempat beberapa orang pegawai. Tata ruang terbuka memungkinkan komunikasi antar pegawai menjadi lebih lancar, sehingga mendorong para pegawai lebih komunikatif dan kreatif.
Keuntungan tata ruang kantor terbuka adalah sebagai berikut:
1.Tidak memerlukan biaya tiggi.
2.penggunaan ruangan kantor yang fleksibel
3.mudah melakukan komunikasi antar pegawai
4.Pemeliharaan peralatan, pemeliharaan kebersihaan ruangan, penggunaan peralatan, menjadi lebih mudah.
5.hemat dalam penggunaan cahaya penerangan
kerugian tata ruang kantor terbuka adalah sebagai berikut:
1.Kurang efektif diterapkan bagi pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi.
2.Konsentrasi pegawai terkadang buyar melihat banyak orang hilir mudik.
3.Kegaduhan sering muncul disebabkan komunikasi yang sangat lancar dan intens.
4.Pemandangan kurang baik karena tumpukan dokumen para pegawai menjadi tidak rapi.
5.Sulit merahasiakan pekerjaan penting dan bersifat rahasia.
0 komentar:
Posting Komentar
Terimakasih sudah berkunjung di Yesy Blog. Semoga bermanfaat.
Mohon Tinggalkan kritik dan saran jika berkenan.